Home » » Tlusupen Bisa Jadi Mata Ikan

Tlusupen Bisa Jadi Mata Ikan


Jangan membiasakan berjalan tanpa alas kaki meskipun itu didalam rumah, karena bisa beresiko kemasukan benda asing atau bahasa jawanya " Tlusupen ", dan memang awalnya tidak terasa sakit, karena itu banyak yang membiarkannya, apabila dibiarkan terus kulit disekitarnya akan menebal dan lama kelamaan akan timbul rasa mengganjal sekaligus nyeri dibagian itu. Ini yang disebut Clavus ( Mata Ikan ).

Sebetulnya mata ikan ini tidak berbahaya, tapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, karena terasa nyeri sekali bila dipakai untuk berjalan dan tentunya mengganggu kegiatan sehari-hari. Satu satunya pengobatannya adalah dengan operasi, tetapi tidak perlu takut dengan kata operasi ini, karena operasi ini hanya operasi kecil.

Banyak orang mengira rasa sakit yang ditimbulkan disebabkan karena sebab lain misalnya memakai sepatu yang terlalu tertutup, atau memakai sepatu yang kekecilan, padahal bukan itu penyebabnya. Atau dikira hanya kapalan biasa atau kutil yang timbul ditelapak kaki. Kalau Kapalan atau penebalan kulit adalah lapisan kulit yang menebal saja dan tidak menimbulkan nyeri, bisa diobati dengan obat oles untuk melunakkan bagian kulit kaki yang menebal, sedangkan kutil / Papilloma disebabkan oleh virus. Beda dengan mata ikan yang harus dioperasi untuk mengambil sumber penyebab nyeri tadi, penyebab tlusupen ini paling sering adalah serabut kayu dan debu.


Comments
0 Comments

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

Blogger yang baik akan selalu meninggalkan komentar

 
Copyright © 2011. Belajar . All Rights Reserved.
Company Info Template modify by Crewcil