Home » » Sejarah Singkat Komik Batman

Sejarah Singkat Komik Batman

 


Belajar Cari Uang - Nostalgia dengan komik yuk? Dari dulu admin penasaran tentang Sejarah komik Batman. Akhirnya setelah bangkotan baru mengetahuinya. Bagi pembaca semoga artikel Sejarah Singkat Komik Batman ini bisa sedikit mengenang masa nostagia anda. Batman (asalnya disebut the Bat-Man) adalah tokoh fiksi pahlawan yang diciptakan oleh Bob Kane dan penulisBill Finger dan diterbitkan oleh DC Comics. Pertama kali muncul di Detective Comics #27 (Mei 1939). Ia juga dikenal dengan julukannya yang banyak diantaranya adalah sebagai "The Caped Crusader", "The Dark Knight", "The World's Greatest Detective", atau secara singkat "The Bat"; dalam kisah aslinya dan sangat banyak, identitas Batman adalah Bruce Wayne, seorang pengusaha kaya. Nama Bruce Wayne itu sendiri diambil dari nama tokoh historis yaitu Robert the Bruce dan "Mad" Anthony Wayne.

Bruce Wayne menyaksikan pembunuhan orangtuanya waktu masih kecil dan tergerak untuk memerangi kejahatan dengan berbagai senjata ciptaan sendiri. Batman beroperasi di Gotham City, dibantu oleh butler nya Alfred Pennyworth dan rekannya Robin. Tidak seperti superhero kebanyakan, dia tidak memiliki kekuatan super, ia hanya menggunakan intelejensi, ketrampilan sebagai detektif, ilmu pengetahuan dan teknologi, kekayaan, ketangkasan fisik, dan intimidasi dalam memerangi kejahatan.


Batman menjadi karakter terkenal dengan cepat setelah perkenalan dan akhirnya mendapatkan judulnya sendiri, Batman. Setelah dasawarsa pemakaian judul tersebut, perbedaan karakter telah muncul. Akhir tahun 1960-an serial Batman di televisi karakter Batman diubah menjadi lebih estetis selama bertahun-tahun sampai ceritanya usai.

Banyak kreator-kreator menciptakan untuk mengembalikan karakter Batman kepada cerita awalnya yang suram dan gelap, puncaknya di tahun 1986 mini series Batman: The Dark Knight Returns, di tulis oleh seniman Frank Miller dan kesuksesan sutradara Tim Burton Batman 1989 membantu menghidupkan kelamnya karakter Batman ini. Sebagai simbol kultur, Batman telah di daftarkan dan di adaptasikan ke dalam berbagai media, dari radio sampai televisi dan film, dan muncul di macam-macam merchandise yang dijual di seluruh dunia.

Sejarah Karakter Fiksi
Cerita Batman telah mengalami bermacam-macam revisi, di aspek kecil maupun besar. Beberapa elemen dari tokoh kisah tersebut ada yang tidak berubah. Sarjana William Uricchio dan Roberta E. Pearson menulis di awal tahun 90-an, "Tidak seperti tokoh-tokoh fiksional yang lainnya, Batman tidak memiliki catatan dalam periode tertentu, tetapi berada dalam sebuah text tetap di waktu yang sama tampil lebih dari 5 dekade."

Cerita selalu berpusat pada keadaan kisah awal Batman. Sebagai anak kecil, Bruce Wayne takut dan trauma melihat kedua orang tuanya, Doctor Thomas Wayne dan istrinya Martha di bunuh oleh perampok di depan matanya. Ini yang membuatnya untuk membasmi kejahatan di kota Gotham sebagai Batman. Di tahun berikutnya, 26 Juni menjadi tanggal berdirinya sosok Batman (Batman Confidential #14), tanggal tersebut adalah tanggal dimana pembunuhan itu terjadi dan Batman tiap tahun selalu mengunjungi tempat kejadian perkara kedua orang tuanya mati.

Pearson dan Uricchio juga menulis diluar kisah asli dan seperti pengenalan Robin, " Sampai sekarang, kisah yang pasti dan penambahan dan penyebab, membuatnya menjadi orang suci, sebuah upaya penambahan oleh para editor Batman seperti Dennis O'Neil yang memastikan konsisten dan kontinuitas antar cerita.

Karakteristik Batman
Sebagai seorang anak kecil, Bruce Wayne sangat ketakutan dan trauma yang mendalam melihat kedua orang tuanya, Dr. Thomas Wayne dan istrinya Martha, dibunuh oleh perampok di depan matanya. Hal inilah yang membuatnya berjanji untuk memberantas semua kriminal di kota Gotham sebagai sosok Batman.

Data Pribadi
·

 Nama asli : Bruce Wayne
· Status : Singel
· Tinggi : 6'2" (188.976 cm)
· Berat : 95.3 kg
· Warna mata : Biru
· Rambut : Hitam
· Alias : Dark Knight Detective, "Matches" Malone, Sir Hemmingford Grey, dan lain-lain
· Pekerjaan : Ketua pemegang saham Wayne Enterprises, Ketua Wayne Foundation, Multimilyuner Industrialist, Playboy dan Dermawan
· Group Affiliasi : JLA, Justice League International, Outsiders, Justice League of America
· Alamat : Gotham City, Amerika Serikat.

Keluarga
· Thomas Wayne (ayah; mati),
· Martha Wayne (bunda; mati),
· Richard John Grayson (anak angkat),
· Timothy Drake (anak angkat),
· Alfred Pennyworth (salah satu pelindung keluarga besar/pelayan),
· Leslie Thompkins (Wali)
· Philip Wayne (paman),
· Harriet (bibi)

Ketrampilan, bakat dan keahlian


Batman adalah Detektif Murni, tidak seperti superhero kebanyakan, Batman tidak memiliki kekuatan super dan sebagai gantinya memiliki pengetahuan yang luas di bidang ilmiah, ahli dalam hal reserse, ahli dalam olah raga. Batman memiliki kondisi fisik di atas manusia normal tangkas dalam beberapa macam hal, ahli bela diri, akrobatik, kekuatan dan ahli dalam meloloskan diri. Keintelektualan yang tiada bandingnya; Batman adalah salah satu ilmuwan, insinyur, ahli kriminologi, dan taktisian terhebat, begitu pula dengan ahli dalam hal penyamaran, sering mengumpulkan informasi di bawah identitas Matches Malone. Dia dihormati sebagai salah satu detektif terhebat dalam DC Universe, dari pada perkelahiannya dengan musuh-musuhnya, Batman sering menggunakan kecerdikan dan perencanaan untuk memperdayai musuh-musuhnya. Dalam cerita JLA yang dibuat oleh Grant Morrison, Superman menjelaskan bahwa Batman adalah "pria paling berbahaya di Dunia," dia dapat mengalahkan sekelompok mahluk asing yang berkekuatan super hanya seorang diri dalam menyelamatkan sahabatnya yang sedang di tawan.

Karakter Pembantu / Sidekick


Batman berinteraksi Batman berinteraksi dengan berbagai tokoh di sekelilingnya, baik pahlawan dan penjahat, sangat membantu menegaskan tokoh tersebut. Komisaris James "Jim" Gordon, sekutu Batman di Kepolisian Gotham City, kemunculan pertama bersama dengan Batman di Detective Comics#27 dan telah menjadi kehadiran yang pasti sejak itu. Selanjutnya, mendapatkan Alfred sebagai pelayan setia kelurga Wayne dan Lucious Fox sebagai manajer diperusahaannya dan rupanya tanpa sengaja dia merangkap juga sebagai pembuat perlengkapan perang. Namun peran pembantu yang paling penting dalam mitos Batman adalah dengan adanya pahlawan muda sahabat karibnya, yaitu Robin. Robin pertama adalah Dick Grayson, yang akhirnya dia meninggalkan gurunya dan menjadi seorang pahlawan Nightwing. Robin kedua adalah Jason Todd, tetapi dia akhirnya mati di siksa oleh Joker, yang kemudian kembali sebagai musuh. Robin ke tiga adalah Tim Drake, pertama muncul di tahun 1989 dan telah memiliki judul komik serialnya tersendiri. Alfred, pelayan setia Bruce Wayne, sosok ayah dan salah satu orang yang mengetahui identitas lingkungan Batman dan siap selalu untuk memberikan bantuan yang menentramkan secara terus menerus kepada Batman dan Robin.


Musuh BatmanBatman menghadapi bermacam-macam musuh dari penjahat biasa sampai ke penjahat super berpenampilan aneh. Banyak musuh Batman yang diciptakan dari aspek karakter pahlawan dan pengembangannya, sering mengalami kisah asli yang tragis yang mebuat mereka menjadi seorang penjahat. Musuh Batman yang paling keras kepala adalah Joker, seorang badut kriminal yang memiliki "personifikasi irasional" menggambarkan penentangan terhadap Batman. Antagonis lain yang selalu berulang-ulang termasukCatwoman, the Penguin, Two-Face, the Riddler, Scarecrow, Mister Freeze, Poison Ivy, Ra's Al Ghul, Bane dan lain-lainnya.

Penutup Admin Memorabilia:
Penggemar Komik Batman sangat menyukai koleksi komiknya dan bahkan rela mengeluarkan sejumlah besar
uang untuk membeli koleksi lama Komik ini. Misalkan saja 2 komik di bawah ini :

Pada Edisi diatas diceritakan tokoh Batman diceritakan masih dalam sisi kelamnya,tidak seperti yang pembaca kenal pada saat ini. dalam edisi ini Batman tidak pernah ragu dalam menghabisi nyawa musuh-musuhnya. Setelah setahun kemudian kemunculannya dari edisi 27 ini Batman mulai membiarkan musuhnya dalam keadaan hidup. Kisah Batman mulai dibuat dengan sisi kemanusiaan sebagai hero yang sebenarnya. Inilah Sejarah Singkat Komik Batman.

http://www.fashingnet.com/2011/11/sejarah-singkat-komik-batman.html


JellyMuffin.com - The place for profile layouts, flash generators, glitter graphics, backgrounds and codes  
Jangan Lupa Di LIKE Ya...!!!


Comments
0 Comments

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

Blogger yang baik akan selalu meninggalkan komentar

 
Copyright © 2011. Belajar . All Rights Reserved.
Company Info Template modify by Crewcil