Home » » Riset: Surface Lebih Menguntungkan Dibanding iPad

Riset: Surface Lebih Menguntungkan Dibanding iPad


Tablet Surface buatan Microsoft
Tablet Surface buatan Microsoft (mashable.com)

Persaingan antara Microsoft dengan Apple kembali ketat, apalagi setelah keduanya baru mengeluarkan perangkat andalan masing-masing. Kedua perusahaan asal Silicon Valley ini kembali mewariskan persaingan software di masa lalu, yang kini beralih ke persaingan perangkat.  

Apple memulainya dengan meluncurkan iPad Mini pada 23 Oktober. Kemudian, Microsoft menyusulnya dengan memperkenalkan tablet Surface serta OS Windows 8.

Temuan menarik disampaikan oleh perusahaan riset IHS iSuppli. Perusahaan itu memaparkan seberapa besar pengaruh perangkat andalan Microsoft dan
Apple tersebut terhadap keuntungan perusahaan.

Perusahaan riset teknologi tersebut merilis angka baru yang menunjukkan setiap Surface yang dibanderol U$ 599 hanya berbiaya US$ 284 dalam biaya pembuatannya. Dengan demikian keuntungan dari biaya pembuatan mencapai 53 persen.

Sementara iPad generasi ketiga versi 32GB, dengan biaya pembuatan US$ 333, memiliki harga US$ 599. Ini berarti hanya 44 persen keuntungan yang didapat Apple.

"Surface merupakan elemen kunci dalam strategi Microsoft untuk mengubah dirinya dari pembuat perangkat lunak (software) ke dalam perangkat dan
penyedia layanan," kata Andrew Rassweiler, kepala analis senior IHS dalam sebuah pernyataan yang dilansir CNet.

"Kunci untuk strategi ini yaitu menawarkan produk hardware yang menghasilkan keuntungan tinggi pada perangkat mereka sendiri. Ini mirip dengan apa yang Apple telah capai dengan lini iPad-nya. Dari perspektif hardware, Microsoft telah berhasil dengan Surface, yang menawarkan tablet mengesankan yang lebih menguntungkan," ucap Rassweiler. 

IHS memfokuskan riset secara eksklusif pada perangkat keras dan manufaktur. Ini tidak termasuk distribusi, pemasaran, perangkat lunak, lisensi, dan
biaya lainnya. Perusahaan riset ini juga tidak menunjukkan persis iPad mana yang dijadikan perbandingan.

Namun, kemungkinan besar perangkat yang diperbandingkan yaitu iPad generasi ketiga yang keluar pada Maret lalu.

Hal ini memperlihatkan bahwa tablet Surface lebih menghasilkan uang saat bundling dengankeyboard. Adapun keyboard itu diketahui memiliki biaya material yang rendah.

Keyboard adalah salah satu faktor yang umumnya mendefinisikan tablet. Tidak
seperti iPad, Surface memiliki keyboard full function. Ini membuat Surface memiliki fungsi ganda, sebagai tablet dan juga sebagai notebook PC.

IHS juga merilis jumlah lain, yaitu iPad Mini versi Wi-Fi 16GB berbiaya produksi US$ 188, tapi dihargai US$ 329. Dari temuan tersebut pihak IHS menghitung bahwa sekitar 40 persen merupakan keuntungan, meskipun IHS menunjukkan bahwa keuntungan Apple naik sekitar US$ 90 untuk unit iPad Mini versi 32GB. Nilai keuntungan ini dianggap lebih baik dibandingkan dengan iPad versi lebih besar.

Rencana bisnis Microsoft dan Apple dianggap terinspirasi dari apa yang dilakukan Amazon dan Google di perangkat Kindle Fire dan tablet Nexus. Menurut IHS, Google dan Amazon menetapkan harga rendah dengan tujuan memperoleh lebih banyak konsumen berdasarkan konten.




Comments
0 Comments

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

Blogger yang baik akan selalu meninggalkan komentar

 
Copyright © 2011. Belajar . All Rights Reserved.
Company Info Template modify by Crewcil