Home » » Keputihan Saat Hamil, Normalkah?

Keputihan Saat Hamil, Normalkah?


Ilustrasi (dok: Thinkstock)

Semasa hamil, sebagian perempuan akan mengalami keputihan atau keluarnya cairan putih dari Ms V dalam jumlah banyak. Kondisi ini tentu membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman, bahkan juga tidak sehat. Lalu apa yang harus dilakukan?

Dr Ali Sungkar, SpOG, dokter kandungan dari RS Cipto Mangunkusumo mengatakan kondisi seperti ini tidak selalu bisa disebut keputihan. Terkadang hanya karena Ms V mengeluarkan cairan berlebihan akibat perubahan hormon yang terjadi semasa hamil.

"Gejala itu bisa dikatakan abnormal atau keputihan jika mengalami perubahan warna, bau dan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal," kata Dr Ali saat dihubungidetikHealth, seperti ditulis pada Rabu (3/4/2013).

Senada dengan hal itu, Dr Frizar Irmansyah, SpOG dari RS Pusat Pertamina juga menganggap keputihan saat hamil sebagai hal yang wajar. Perubahan hormon yang terjadi saat hamil meupun setelah melahirkan dinilainya sebagai penyebab keluarnya cairan putih tersebut.

Sejauh warnanya tidak berubah menjadi kehijauan, Dr Frizar menilai keluarnya cairan putih dari Ms V seperti ini masih normal. Keputihan saat hamil menurutnya baru dikatakan tidak normal apabila sudah menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri.

Dalam kaitannya dengan kebersihan Ms V, Dr Frizar menyarankan agar ibu hamil rajin-rajin mengganti celana dalam. Ibu hamil cenderung lebih sering basah di daerah kemaluan, sehingga harus dipastikan bahwa pakaian dalamnya selalu diganti dengan yang bersih.

"Kalau tidak dijaga ya akan tumbuh jamur. Oleh sebab itu orang hamil harus sering ganti celana dalam, karea celana dalamnya sering basah," kata Dr Frizar.

Jika sudah terlanjur mengalami keputihan, ibu hamil tidak perlu khawatir. Cairan kental berwarna putih tersebut masih bisa dibersihkan dengan mudah. Cukup dengan cebok saja, disemprot dengan shower sambil jongkok dan tidak perlu diberi pembersih dengan bahan yang macam-macam.


Comments
0 Comments

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

Blogger yang baik akan selalu meninggalkan komentar

 
Copyright © 2011. Belajar . All Rights Reserved.
Company Info Template modify by Crewcil