Home » » Dahlan Iskan akan Resmikan Monorel Jabodetabek

Dahlan Iskan akan Resmikan Monorel Jabodetabek

Headline
(foto: inilah.com/Ajat M Fajar

Madiun - Menteri BUMN Dahlan Iskan akan meresmikan monorel yang terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Monorel ini diproduksi atas kerja sama beberapa BUMN seperti PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Industri Kereta Api (Persero), PT Jasa Marga (Persero) dan PT LEN Industri (Persero).

"Preliminary agreement antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan upaya penyediaan sarana transportasi monorel lengkap dengan product pendukungnya baik monorel untuk penumpang maupun monorel container. Produk monorel yang dirancang oleh konsorsium BUMN ini memilki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 70% sehingga menghemat devisa negara," ujar Dahlan Iskan pada acara Preliminary agreement antar BUMN di Madiun, Senin (6/5/2013).

Menurutnya, monorel yang akan diresmikan ini dirancang sangat simpel dan didukung kapasitas angkut yang cukup besar. Hal ini disebabkan monorel ini didesain untuk medan atau jalur di wilayah seperti Jabodetabek. "Bahkan, moda transportasi ini dikembangkan bagi angkutan kontainer dari stock yard atau dry port ke pelabuhan sehingga sangat praktis dan efisien," imbuhnya.

Lanjut lanjut, Dahlan menambahkan, monorel ini didesain elevated sehingga bisa memecahkan masalah kemacetan di jalan raya dan menjamin ketepatan waktu bagi penggunanya.

"Kami memberikan sarana publik transportasi dengan mengutamakan kenyamanan bagi konsumen. Produk ini sangat ramah lingkungan dengan powered listrik DC dan tidak memerlukan bahan bakar minyak (BBM) sehingga membantu penghematan BBM bagi negara," paparnya.

Dahlan menambahkan, ide monorel ini merupakan wadah kreatif bagi pengembangan rancang bangun anak bangsa. "Dengan produk yang langsung dimanfaatkan masyarakat, membuka peluang lapangan kerja dan berprinsip bisnis kekorporasian yang profesional," tandasnya. [mvi]


Comments
0 Comments

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

Blogger yang baik akan selalu meninggalkan komentar

 
Copyright © 2011. Belajar . All Rights Reserved.
Company Info Template modify by Crewcil