Home » » Studi: Bra Justru Bikin Payudara Lebih Cepat Kendur

Studi: Bra Justru Bikin Payudara Lebih Cepat Kendur


Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Paris, Bra yang sesuai dipercaya akan mendukung payudara perempuan terlihat lebih indah. Namun sebenarnya mana yang lebih sehat dan bisa membuat payudara perempuan lebih awet keindahannya, memakai bra atau tidak memakai bra?

Seiring bertambahnya usia, umumnya payudara akan berubah bentuk. Payudara juga akan menjadi melorot akibat gravitasi bumi. Menurut sebuah penelitian di Prancis, bra tidak akan membantu seorang perempuan mempertahankan bentuk payudaranya. Bahkan bra bisa membuat payudara menjadi kendur.

Menurut penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu 15 tahun itu, bra malah bisa membuat payudara lebih melorot ketimbang mereka yang tidak memakai bra. Bahkan peneliti menyimpulkan bra tidak bisa mengurangi nyeri punggung.

"Secara medis, fisiologis, dan anatomi, payudara tidak mendapat manfaat dari upaya melawan gravitasi," ujar profesor riset yang terlibat dalam penelitian tersebut, Jean-Denis Rouillon, kepada Counsel and Heal, seperti dikutip dari news.com.au, Jumat (12/4/2013).

"Sebaliknya, payudara lebih kendur dengan bra," sambung Prof Rouillon.

Studi tersebut melibatkan 330 perempuan. Mereka diteliti perubahan bentuk payudaranya dari waktu ke waktu dengan memperhatikan kemiringan dan menggunakan alat ukur caliper. Dari penelitian diketahui bahwa payudara secara alami menjadi lebih kencang.

Sedangkan jika bra digunakan, maka payudara akan lebih tergantung pada dukungan artifisial. Hal ini diyakini membuat payudara malah akan kendur lebih cepat.

Penelitian juga menemukan bahwa dengan tidak memakai bra, perempuan mendapat keuntungan putingnya terangkat 7 mm setiap tahunnya. Keuntungan lainnya adalah membantu memudarkan stretch mark.

Gara-gara penelitian itu, Capucine (28) yang turut berpartisipasi dalam studi tersebut mengatakan kepada France Info bahwa dia tak lagi mengenakan bra. Bra mulai ditanggalkannya sejak 2 tahun lalu sejak masih terlibat dalam studi itu.

"Ada banyak manfaat yakni bernapas lebih mudah, membawa diri lebih baik, dan sakit punggung berkurang," kata Capucine.

Nah, kalau bra justru membuat payudara lebih melorot, apakah bra harus dihilangkan saja atau dilarang penggunaannya?

"Sementara kita masih memvalidasi hipotesa bahwa bra adalah 'kebutuhan' palsu, akan sangat berbahaya jika menyarankan semua perempuan untuk berhenti menggunakan soutien-gorge (bra)," kata Prof Rouillon.


Comments
0 Comments

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

Blogger yang baik akan selalu meninggalkan komentar

 
Copyright © 2011. Belajar . All Rights Reserved.
Company Info Template modify by Crewcil