Home » » Indonesia Importir Gula Mentah Terbesar Dunia

Indonesia Importir Gula Mentah Terbesar Dunia


Indonesia diperkirakan akan menggantikan Cina sebagai negara importir gula mentah (raw sugar) terbesar di dunia. Organisasi Gula Internasional (ISO) memperkirakan konsumsi gula Indonesia akan tumbuh 4 persen per tahun untuk memenuhi kebutuhan 240 juta jiwa penduduk nasional.
»Kami memperkirakan Indonesia akan mengimpor 2,15 juta ton gula mentah pada 2012-2013. Angka itu akan membuat Indonesia sebagai pengimpor gula mentah terbesar di dunia,” ujar ekonom senior Organisasi Gula Internasional, Sergey Gudoshnikov, seperti dikutip Reuters.
Indonesia saat ini sedang mendorong produksi gula. Namun, di sisi lain, investasi di sektor ini masih minim sehingga tingginya permintaan mengakibatkan Indonesia harus mengimpor gula mentah setiap tahun.
Di sisi lain, pengimpor gula mentah terbesar dunia lain, seperti Cina dan Rusia, kini mulai mengembangkan pabrik refinery untuk mengurangi angka impor.
»Impor gula Indonesia besar karena jumlah penduduk banyak, sementara produksi kami tidak cukup untuk memenuhi permintaan,” kata Direktur Eksekutif Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia Yamin Rahman.
Indonesia memiliki delapan refinery, yang mayoritas dibangun pada dekade lalu. Sedangkan dua lainnya saat ini sedang dalam tahap pembangunan.
Cina dan Rusia telah memanfaatkan naiknya biaya produksi gula di Brasil untuk menggenjot produksi gula lokal. Sulitnya menemukan lahan di Jawa dan tidak menentunya kondisi cuaca membuat Indonesia kesulitan melakukan langkah seperti Rusia dan Cina.
»Cuaca menjadi hambatan di Indonesia dan lahan di sana minim dibandingkan negara lainnya,” ujar Kepala Lembaga Konsultan Gula dan Etanol Kingsman SA, Jonathan Kingsman.
Meski demikian, Indonesia mendukung ekspansi refinery gula untuk memenuhi pertumbuhan permintaan.
»Sudah ada investasi dalam jumlah besar dalam refinery karena sulitnya memenuhi permintaan produksi domestik,” ujar Toby Cohen, Direktur Czarnikow, lembaga komoditas berbasis di London.


Comments
0 Comments

0 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

Blogger yang baik akan selalu meninggalkan komentar

 
Copyright © 2011. Belajar . All Rights Reserved.
Company Info Template modify by Crewcil